Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petualangan Pertama di Kantor Pajak Tahuna

kpp pratama tahuna

Profil Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tahuna, Wilayah Kerja, Alamat, Kontak, dan Akun Media Sosialnya

Tahuna, Fiscus.idSaya yakin banyak diantara kalian masih asing dengan KPP Pratama Tahuna, yang selanjutnya akan saya sebut KPP Tahuna. Saya pun begitu, saya tidak tahu apapun tentang KPP Tahuna hingga saya menginjakkan kaki di tempat itu. Nah, pada artikel ini saya akan bercerita tentang KPP Tahuna, agar kalian tahu dimana lokasinya, bagaimana wilayah kerjanya, serta kontak dan akun media sosialnya.

Saat ini (06/20), saya masih menjadi bagian dari KPP Tahuna sebagai Account Representative. Tidak terasa sudah tujuh tahun lebih terhitung sejak pertama kali saya turun dari kapal "Ratu Maria" dan menginjakkan kaki di pulau kecil Sangihe. Sebelum membahas profil KPP Pratama Tahuna, saya ingin berbagi sedikit cerita tentang mimpi.
Ceritanya seperti ini : Saya masih di kampung halaman Bulukumba, ketika bapak menceritakan mimpinya. Bapak menceritakannya beberapa hari menjelang diklat prajabatan CPNS yang akan saya ikuti di Balai Diklat Keuangan (BDK) Makassar. Pagi itu (03/13), setelah menyeruput kopi hitamnya, bapak memanggilku duduk disampingnya dan mulai bercerita. "Nak, saya memimpikan sebuah tempat yang saya tidak tahu itu dimana, bukan sumatera, ambon atau papua" ucapnya.

Tanpa tahu maksud bapak, saya langsung menyebut beberapa nama kota seperti Fak-fak, Ruteng, Tahuna, dan beberapa tempat lain yang saya tidak ingat. Yaa, itu adalah beberapa lokasi penempatan DJP yang masuk dalam kategori jauh. Bapak sambil mengernyitkan dahi berkata, "Iya, seperti itu namanya, Tahuna". Saya tidak begitu kepikiran saat itu, karena menurutku itu hanya mimpi.

Cerita pagi itu mulai melekat, sesaat setelah pengumuman penempatan keluar. Pengumuman muncul pada malam menjelang hari terakhir ujian Diklat Prajabatan. Dan betul saja, saya ditempatkan di KPP Pratama Tahuna. Malam itu, teman seprajabatan heboh tentang penempatan. Namun, entah kenapa saya merasa biasa saja, rasanya seperti saya sudah siap dan saya tahu betul akan kesana. Mungkin itu pesan dari Tuhan yang disampaikan melalui mimpi bapak, agar saya siap menerima dimanapun ditempatkan.

Saya menyebut penempatan di DJP adalah sebuah petualangan, karena memang kita harus siap berpindah dari kota yang satu ke kota yang lainnya. Dan petualangan pertama saya di mulai dari Kantor Pajak Tahuna.

 

Profil KPP Tahuna

Kembali ke topik utama tentang profil KPP Pratama Tahuna. KPP Pratama Tahuna merupakan salah satu kantor vertikal Direktorat Jenderal Pajak yang berlokasi di Kota Tahuna, Kab. Kepulauan Sangihe. Jika kalian belum tahu dimana kota tersebut, saya akan mencoba menunjukkan lokasinya melalui peta dibawah ini :
lokasi kpp pratama tahuna

Wilayah kerja KPP Pratama Tahuna terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang membentang dari ujung Sulawesi Utara hingga selatan Filiphina. Salah satu pulau yang masuk dalam wilayah kerja KPP Pratama tahuna adalah Pulau Miangas. Sayangnya saya belum mempunyai kesempatan menginjakkan kaki di pulau paling utara dan terluar Indonesia tersebut. Pulau-pulau yang menjadi wilayah kerja KPP Pratama Tahuna terbagi menjadi tiga Kabupaten Kepulauan, yaitu Kepulauan Sangihe, Kepulauan Sitaro, dan Kepulauan Talaud.

Wilayah kerja dengan kondisi tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi KPP Pratama Tahuna. Tantangan utama tentu saja akses untuk menuju ke pulau-pulau kecil tersebut. Beberapa dari pulau itu hanya bisa diakses dengan kapal laut, bahkan ada yang hanya bisa diakses dengan Speedboat berkapasitas kurang dari sepuluh orang. 

Beberapa pulau yang pernah saya kunjungi diantaranya adalah Pulau Sangihe (lokasi KPP tahuna), Pulau Mendaku Dakupang (Snorkling dan ICV), Pulau Siau (visit ulu dan ondong), Pulau Para (mampir pelabuhan), Pulau Tagulandang (mampir pelabuhan), Pulau Biaro (mampir Pelabuhan), Pulau Makalehi (mendaki setengah gunung), Pulau Karakelang (visit di melonguane, dan Beo), Pulau Sara (berenang), dan Pulau Salibabu (Visit di Lirung). Diantara pulau-pulau tersebut, ada cerita berkesan yang akan saya bagikan di blog ini, yaitu ICV di pulau Mendaku Dakupang dimana kami (pegawai KPP Tahuna) naik kapal mengelilingi pulau Sangihe 360 derajat, kemudian perjalanan ke Pulau Makalehi, dan Ketinggalan pesawat di melonguane dan terpaksa naik kapal menuju manado.

Alamat Lengkap dan Kontak KPP Pratama Tahuna

Alamat lengkap KPP Pratama Tahuna di Jalan Tatehe No. 62, Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna, Kab. Kep. Sangihe, Sulawesi Utara. Kalian bisa menghubungi KPP Pratama Tahuna melalui Telepon Kantor di nomor (0432) 24473. 

Jika kalian adalah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Tahuna, kalian bisa konsultasi pelayanan perpajakan melalui beberapa nomor telepon berikut ini :
telpon pelayanan kpp tahuna

 

Akun Media Sosial KPP Tahuna 

Beberapa Akun Media Sosial KPP Tahuna yang bisa kalian kunjungi yaitu :
  1. Facebook : @pajaktahuna
  2. Twitter : @pajaktahuna, dan 
  3. Instagram : @pajaktahuna

Demikianlah artikel tentang profil singkat KPP Pratama Tahuna dan cerita tentang mimpi, semoga bisa bermanfaat, dan semoga saya segera menjadi alumni KPP Tahuna, dan bisa memulai petualangan berikutnya. Apabila kalian mempunyai pertanyaan, komentar, kritik dan saran yang membangun, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini, atau kontak saya melalui media sosial. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Petualangan Pertama di Kantor Pajak Tahuna"