Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Fiscus ?

apa itu fiscus ?




Apasih yang dimaksud dengan fiscus, apakah artinya sama dengan fiskus?

Tahuna, Fiscus.id - Memberi nama fiscus kepada blog ini tentu mempunyai alasan, tentu saja alasannya karena konten utama dari blog ini adalah tentang perpajakan. Tapi, apakah benar arti fiscus ada hubungannya dengan perpajakan?. Jika kita coba search gambar dengan kata kunci "fiscus" di google, maka gambar-gambar yang muncul lebih banyak gambar tentang tanaman. Ternyata fiscus yang lebih fikenal oleh google adalah FICUS. Menurut Wikipedia, ficus adalah salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis dengan sejumlah spesies hidup di zona ugahari, yang dapat berupa pohon kayu, semak, tumbuhan menjalar dan epifit serta hemi-epifit dalam familia Moraceae. Namun, dalam artikel ini kita tidak akan membahas tentang tanaman atau ficus, tetapi akan membahas FISCUS. Lalu apa itu fiscus?.

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari laman https://en.wikipedia.org/wiki/Fiscus yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Fiscus berasal dari istilah fiskal Inggris, yang merupakan nama peti pribadi kaisar Roma. Kata ini secara harfiah diterjemahkan sebagai "keranjang" atau "dompet" dan digunakan untuk menggambarkan bentuk-bentuk pendapatan yang dikumpulkan dari provinsi - provinsi (khususnya provinsi-provinsi kekaisaran), yang kemudian diberikan kepada kaisar. Keberadaannya menunjuk pada pembagian kekuasaan di era awal Kekaisaran antara istana kekaisaran dan Senat. Dari penjelasan tersebut, kita dapat memahami bahwa fiscus merupakan istilah yang diberikan kepada petugas yang mengumpulkan pundi-pundi pendapatan kekaisaran roma.

Di Indonesia juga terdapat sebuah Instansi yang mempunyai tugas utama mengumpulkan pundi-pundi pendapatan Negara. Instansi tersebut adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Karena tugas pokoknya sama, maka pegawai DJP atau aparat pajak juga sering disebut sebagai fiscus yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan kata "FISKUS". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang saya kutip dari https://lektur.id/arti-fiskus/, fiskus diartikan sebagai Pegawai atau pejabat pemerintah yang bertugas mengurus dan menarik pajak.
Menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Berdasarkan beberapa penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa fiscus atau fiskus merupakan pegawai pemerintah yang berdasarkan Undang-Undang bertugas untuk menarik atau mengumpulkan kontribusi wajib dari orang pribadi atau badan misalnya perusahaan, yang akan digunakan untuk keperluan negara bagi kemakmuran rakyat. Kontribusi wajib tersebut bersifat memaksa dan orang pribadi atau badan yang menunaikan kontribusinya tidak mendapatkan imbalan secara langsung. Tetapi akan mendapatkan manfaat melalui fasilitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur atau fasilitas publik, keamanan dan ketertiban umum, serta manfaat lain yang telah dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Demikianlah penjelasan yang bisa saya bagikan terkait apa itu fiscus atau arti fiskus. Semoga kalian bisa memahaminya dengan baik. Hal itu pula yang menjadi alasan saya memberikan nama blog ini dengan Fiscus.id. Alasannya yaitu karena saya adalah seorang fiscus dan konten utama dari blog ini adalah tentang pajak dan cerita pengalaman saya menjadi seorang fiscus. Apabila ada pertanyaan, komentar, kritik dan saran yang membangun, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini, atau kontak saya melalui media sosial. Sekian dan terima kasih.